Sunday, April 29, 2012

Lomba Perahu Nelayan Tradisional “Kater”



Lomba Perahu Nelayan Tradisional “Kater” – Atraksi Wisata – Traditional Boat Races di Manggar Belitung Timur – Ini adalah perahu nelayan tradisional yang cukup banyak di temukan di Pulau Belitung. Masyarakat setempat menyebut perahu ini dengan nama “Kater“. Kater merupakan perahu nelayan tradisional dengan fisik cukup kecil dengan panjang 2 hingga 3 meter, memiliki “tangan” di kedua belah sisinya yang berfungsi sebagai penyeimbang.

Di Kabupaten Belitung Timur, tepatnya di Pantai Nyiur Melambai – disebut juga Pantai Lalang – Kota Manggar, perahu nelayan tradisonal Kater ini tidak hanya digunakan pemiliknya untuk mencari ikan, akan tetapi oleh Dinas Pariwisata kabupaten setempat sering dijadikan atraksi wisata dengan menggelar Lomba Perahu Kater (Traditional Boat Races).

Penyelenggaraan lomba perahu nelayan tradisional Kater ini biasanya dilaksanakan pada selang Agustus hingga Oktober setiap tahunnya, karena pada saat bulan-bulan tersebut, perairan laut di Kabupaten Belitung Timur memiliki curah angin yang cukup kencang, sehingga layak mengadakan perlombaan perahu nelayan tradisional “Kater”.


Berikut merupakan foto-foto yang diambil pada Agustus 2010 kemarin.



courtesy: http://www.billitonisland.com/2011/11/14/lomba-perahu-nelayan-tradisional-%E2%80%9Ckater%E2%80%9D/

No comments:

Post a Comment