Sunday, April 29, 2012

Pantai Keramat Manggar Belitung Timur



Menikmati keindahan pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung memang mengasyikan. Ada sebuah pantai yang tidak begitu luas namun cukup untuk menyajikan pemandangan yang cukup mengagumkan. Oleh masyarakat sekitar, pantai tersebut bernama Pantai Keramat, terletak di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Pantai Keramat ini memang tidak sepopular seperti Pantai Burung Mandi, Pantai Bukit Batu atau Pantai Nyiur Melambai sekalipun, namun kalau masalah keindahan, pantai ini bisa bersaing. Pada pantai ini terdapat beberapa bebatuan karang dipinggir pantainya. Anda bisa duduk-duduk di gugusan karang ini sambil mengambil beberapa photo sesuai yang anda kehendaki. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Nyiur Melambai.

Disebut sebagai Pantai Keramat karena disini ada gugusan batu yang sering dilaksanakan orang-orang pada waktu dulu untuk melaksanakan ritual tertentu. Tidak jauh dari batu ini ada 4 buah kuburan, yang terdiri dari kelihatannya 2 kubur orang dewasa dan 2 kubur anak-anak. Ini terlihat dari jenis tambak kuburan tersebut yang mengidentifikasikan sebagai kuburan orang dewasa dan kuburan anak-anak. Tidak jauh dari Beberapa kuburan tersebut ada batu bersusun yang menjadi ikon pantai ini, ikon inilah yang disebut Batu Keramat.

courtesy: http://www.billitonisland.com/2011/08/08/pantai-keramat-manggar-belitung-timur/

No comments:

Post a Comment