Tuesday, April 24, 2012

Manggar ?



Manggar adalah kota terbesar ke-2 di Belitung. Ini ditempatkan di pantai Timur sekitar 90 Km dari Tanjungpandan. Manggar juga merupakan kabupaten dengan wilayah 37,845 Ha, 12 desa dan 27 pulau-pulau kecil di sepanjang pantai Manggar kabupaten. 


Populasinya adalah sekitar 87.049 pria. Kabupaten yang berbatasan dengan selat Karimata, masih berpusat ekonomi di pertambangan. Manggar adalah pusat aktivitas pertambangan timah di Belitung mulai dari abad ke-19 yang dipelopori oleh orang-orang Belanda. Ada daerah perumahan barat standar di pantai yang berbukit-bukit di Timur kota. Tempat ini disebut sebagai Gunung Samak. 


Gunung Samak masih merupakan tempat yang eksklusif saat ini, kesenangan bahkan lebih dengan fasilitas Golf Pengadilan di pantai dekat dengan Gunung Samak. Sekarang, Gunung Samak tidak lagi ada pada 1980-an tengah ketika PT. TIMAH berakhir pertambangan timah mereka eksploitasi di Manggar setelah sampai 100 tahun beroperasi. 


Manggar tidak hanya timah, orang hidup seperti biasa dan selalu ada kegiatan ekonomi yang membuat kehidupan kota. Ada tempat bagus yang bisa dikunjungi seperti: Serdang pantai, Burung Mandi pantai, Malang Lepau pantai, Pengepangan pantai, kolam renang Tirta Surya renang alami, Payak Lake, Kwan Di kuil Cina. Ratusan hektar pasir menyebar di kabupaten ini. Telah dikenal untuk bahan kaca bakunya dan tanah sebagai bahan keramik raw.

courtesy: http://www.indonesia-tourism.com/bangka-belitung/manggar.html

No comments:

Post a Comment