Friday, May 4, 2012

Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im Belitung Timur


Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im Desa Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur – Lebih dari dua setengah abad lalu atau tepatnya sekitar tahun 1747, seorang nelayan menemukan sebuah patung Buddha Bodhisttwa yang dalam posisi setengahnya tenggelam dalam pasir pantai. Patung ini ditemukan di kawasan pantai di sebuah desa yang sekarang ini bernama Desa Burung Mandi (sekarang masuk dalam administratif Kecamatan Damar, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur).

Penemuan patung tersebut segera menjadi buah bibir dan menyebar keseluruh penjuru. Setelah berita menyebar, orang-orang percaya bahwa itu adalah kehendak Yang Maha Kuasa untuk membantu dan melindungi mereka dari pengaruh roh jahat. Jadi mereka membangun Vihara di sana untuk memenuhi keinginan Yang Maha Kuasa!

Orang-orang menyebutnya Vihara Burung Mandi atau Vihara Kwan Dewi Kwan Im, meskipun sejatinya vihara ini bernama Vihara Buddhayana sebagaimana yang tertulis di pintu gerbang masuk vihara. Kwan Im sendiri bagi yang percaya adalah nama Sang Dewi yang selalu siap membantu orang keluar dari penderitaan yang disebabkan oleh setiap jenis bencana.

courtesy: http://www.billitonisland.com/2012/02/29/vihara-buddhayana-dewi-kwan-im-belitung-timur/

No comments:

Post a Comment