Wednesday, May 16, 2012

Bagaimana cara ke Belitung? (1)

Cara terbaik ke Belitung adalah dengan pesawat, tentu saja. Ada dua beberapa penerbangan setiap hari dengan pesawat Boeing 737 dari Bandara Sukarno Hatta jakarta langsung ke Tanjungpandan. Sampai saat ini peberbangan ke Belitung hanya ada dari Terminal B Bandara Sukarno Hatta Jakarta. Penerbangan memakan waktu 45 menit dengan biaya antara Rp 450.000 - Rp 750.000 sekali jalan.






Mohon dicatat, berdasarkan pengalaman, anda harus tiba di counter check-in paling tidak satu jam lebih awal. Check-in counter biasanya cukup padat dan ada banyak sekali penumpang dalam grup yang biasanya cukup merepotkan pada saat antri. Mohon anda tidak mengharapkan pelayanan seperti penerbangan di Garuda Indonesia atau perusahaan penerbangan internasional. Saat ini ada 2 perusahaan penerbangan yang terbang ke Belitung yaitu Sriwijaya Air dan Batavia Air. Jadwal penerbangan seringkali berubah-ubah, untuk mengetahui jadwal terkini silahkan cek di website resminya.





Untuk pengunjung yang ingin berlibur di akhir pekan, kami sarankan untuk pergi hari Sabtu pagi dari Jakarta dan kembali pada Senin pagi dari Belitung. Anda akan sampai di Jakarta sekitar jam 09.00 jika mengambil pesawat paling pagi dan anda bisa langsung pergi ke kantor dari bandar Sukarno Hatta setelah menghabiskan 2 hari penuh berlibur di Belitung. Jika tidak saran kami anda berangkat Jumat dan kembali ke Jakarta pada Minggu sore sehingga liburan anda akan lebih maksimal untuk menikmati Belitung.
Dari bandara di Tanjungpandan, anda harus memesan sewa mobil sebagaimana kami sarankan sebelumnya, karena tidak ada taksi di Belitung. Sebuah Toyota Kijang van/minibus disewakan seharga Rp 450.000 per hari termasuk pengendara, diluar bensin. Anda kira-kira memerlukan Rp 200.000 lagi untuk membeli bensin untuk melakukan perjalanan selama 2 hari di daerah pantai. Untuk sampai ke Manggar, anda perlu menambah uang ekstra. Dari bandara, anda akan mencapai kota Tanjungpandan (15km dari bandara) dalam waktu 10 menit dan Tanjung Tinggi atau Tanjung Binga dalam waktu 35 menit (30km dari bandara). Kondisi jalan dari bandara ke kota dan daerah pantai sangat mulus.

courtesy: https://www.belitungisland.com/index.php?bahasa=id&id_dest=23

No comments:

Post a Comment